Rumor: iPhone akan beralih ke konektor USB-C dari Lightning pada 2023

Meskipun USB-C telah menjadi konektor standar di iPad dan Mac, iPhone tetap menggunakan konektor Lightning. Tapi mungkin perubahan plug iPhone akan segera datang. Setidaknya menurut analisis terbaru.

USB C kini telah menjadi standar colokan dan kabel di berbagai perangkat. Hampir semua laptop dan smartphone Android menggunakannya. Standar ini tentu membuat pekerjaan lebih mudah bagi pengguna, karena tidak perlu mengganti kabel lagi.

Apple masih bersikeras menggunakan colokan Lightning di iPhone. Banyak orang mengklaim itu adalah upaya Apple untuk menguangkan penjualan aksesori tersebut. Namun, iPhone tetap menjadi produk terlaris Apple.

Ming-Chi Kuo, yang melakukan survei tentang masalah ini, memberikan analisis bahwa iPhone sangat mungkin beralih dari konektor Lightning ke USB-C pada tahun 2023. Ini akan mempercepat transfer data dan proses pengisian daya, tetapi masih tergantung pada pengembangan dukungan iOS.

Dia juga menyebutkan dalam tweetnya bahwa industri aksesoris juga akan tumbuh dengan pergeseran ini. Seiring dengan adaptasi ke konektor USB-C, tentu saja.
ming chi kuos tweets iphone usb c

Analisis Ming-Chi Kuo (yang seringkali akurat) bukan tanpa alasan. Banyak pengguna yang mengeluhkan “eksklusivitas” iPhone ini. Beberapa bahkan mod iPhone dengan USB C.

Lihat juga
Inilah MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci baru dengan chipset M2
Di Gadget & Aksesoris

Sebelumnya, Komisi Eropa juga mengajukan proposal untuk menetapkan standar USB-C di berbagai perangkat elektronik. Mungkin saran inilah yang membuat Apple ingin mengganti konektor iPhone berikutnya.

Di dunia hampir nirkabel saat ini, colokan lampu di iPhone mungkin hanya berguna untuk mengisi daya. Ini juga memiliki alternatif untuk pengisian nirkabel dengan MagSafe.

Masalah USB C dan pencahayaan ini juga kemungkinan besar tidak ditemui oleh orang yang hanya menggunakan iPhone. Tetapi jika Anda salah satu dari mereka yang menggunakan perangkat dari platform yang berbeda, berurusan dengan colokan yang berbeda bisa menjadi masalah tersendiri. Dengan cara ini, keseragaman konektor USB-C standar akan menyelesaikan masalah ini.

Sumber :