Microsoft Edge hadir dengan fitur seperti VPN secara default

Browser standar Windows, Microsoft Edge, mendapatkan fitur baru, yaitu perlindungan koneksi seperti VPN yang disebut Jaringan Aman. Fitur ini merupakan hasil kerjasama Microsoft dengan Cloudflare.

Pada saat penulisan artikel ini, fitur Microsoft Edge Secure Network belum dirilis. Seperti yang disebutkan di halaman dukungan Microsoft, fitur ini masih dalam pratinjau. Namun, kami berharap fitur ini benar-benar dapat menjangkau publik.

Lalu apa fungsi dari Microsoft Edge Secure Network ini?

Fitur ini menghadirkan fungsionalitas seperti VPN ke browser Microsoft Edge. Jaringan Aman mengenkripsi koneksi, mencegah pelacakan online dan tidak mengungkapkan lokasi Anda. Pengguna dapat menikmati fitur ini secara gratis dengan transfer data hingga 1GB per bulan saat masuk ke Edge dengan akun Microsoft.

Nantinya pengguna bisa mengaktifkan fungsi ini melalui menu yang ada di browser. Lalu ada indikator yang menunjukkan apakah fitur ini aktif, beserta jumlah penggunaan transfer datanya.

Seperti disebutkan di atas, fitur ini merupakan hasil kerjasama Microsoft dengan Cloudflare. Jadi jangan heran jika fitur ini mirip dengan layanan 1.1.1.1 (DNS) dan Warp (VPN) Cloudflare. Ada kemungkinan bahwa kami akan ditawari untuk membeli paket tambahan ketika kami telah mencapai batas penggunaan Jaringan Aman kami. Bisa jadi.

Lihat juga
Microsoft membuat aplikasi desain seperti Canva
dalam aplikasi

Saat ini, Anda sebenarnya bisa mendapatkan beberapa fungsi ini (mengakses situs web yang diblokir dan menyembunyikan lokasi Anda) dengan mengubah DNS browser Anda. Karena Edge berbasis Chromium, itu sama dengan mengubah DNS di Chrome.

Sebelum Microsoft Edge, Opera sudah menawarkan layanan VPN terintegrasi di browser. Sedangkan Firefox menawarkan layanan VPN sebagai fitur premium atau berbayar.

Google Chrome masih menjadi browser nomor satu. Tetapi karena Edge didasarkan pada hal yang sama, ia menunjukkan taringnya dan terus menambahkan pengguna. Dengan tambahan fitur ini, bukan tidak mungkin pengguna Edge akan semakin banyak.

Sumber :